STRUKTUR DAN FUNGSI BUAH DAN BIJI


Struktur Buah dan Biji


BUAH
preview_html_b6cd301Struktur Morpologi Buah
1)   Monokotil : Keras, licin, bulat, dan mempunyai warna hijau & kuning. Contoh, buah kelapa.
2)   Dikotil : Tidak keras, licin, lonjong, dan mempunyai warna hijau & kuning. Contoh, buah mangga.
Struktur Anatomi Buah
1)    Monokotil : Epikarp, mesocarp, dan endokarp.
2)    Dikotil : Epikarp, mesocarp, dan endokarp.
n
  • Pada umumnya buah berkembang dari bagian alat kelamin betina (putik) yang disebut bakal buah yang mengandung bakal biji. Buah yang lengkap tersusun atas biji, daging buah, dan kulit buah. Kulit buah yang masih mudah belum mengalami pemisahan jaringan. Setelah masak, kulit buah ada yang dapat dibedakan menjadi tiga lapisan, yaitu epikarpmesokarp, dan endokarp.
1)    Epikarp merupakan lapisan luar yang keras dan tidak tembus air, misalnya buah kelapa.
2)    Mesokarp merupakan lapisan yang tebal dan berserabut, misalnya bersabut (kelapa), berdaging (mangga dan pepaya).
3)    Endokarp merupakan lapisan paling dalam yang tersusun atas lapisan sel yang sangat keras dan tebal, misalnya tempurung (kelapa), berupa selaput tipis (rambutan).
  • Tahukah kamu bagaimana cara buah membantu pemencaran tumbuhan ?
  • Banyak buah yang bergizi, berwarna menarik, atau berbau harum. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian burung dan mamalia untuk memakan buahnya. Bijinya yang keras tidak ikut tercerna dan akan keluar bersama feses (kotoran). Jika biji yang keluar bersama kotoran tersebut jatuh di tempat yang sesuai, biji akan tumbuh dan berkembang menjadi individual yang baru. Jadi, selain berfungsi menyimpan cadangan makanan, buah juga berfungsi membantu pemencaran/penyebaran tumbuhan.

BIJI
BIJI ANGIOSPERMAEStruktur Morpologi Biji
1)    Monokotil : Kecil, licin, dan berkeping satu.
2)    Dikotil : Kecil, licin, dan berkeping dua.
Struktur Anatomi Biji
1)    Monokotil : Seed coat, endosperm, cotyledon, epicotyl, and radicle.
2)    Dikotil : Seed coat, cotyledon, epicotyl, and hypocotil.
struktur-biji-monokotil
  • Biji merupakan bagian tumbuhan yang terbentuk dari hasil pembuahan (fertilisasi) yang terletak di dalam bakal buah. Di dalam bakal buah terdapat bakal biji. Di dalam bakal biji terdapat embrio yang merupakan calon individu.
  • Setiap embrio di dalam bakal biji terdiri atas akar lembaga, daun lembaga, dan batang lembaga.
1)    Akar lembaga (radikula), merupakan calon akar.
2)    Daun lembaga (kotiledon), merupakan daun pertama pada tumbuhan. Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis sebelum daun sebenarnya terbentuk. Bagian ini juga berfungsi untuk menimbun makanan
3)    Batang lembaga, dibedakan menjadi ruas batang di atas daun lembaga dan ruas batang di bawah daun lembaga. Daun lembaga dan batang lembaga sering juga disebut plumula (puncak lembaga)
  • Pada Angiospermae, bakal biji terbungkus oleh daun buah, sedangkan pada Gymnospermae tidak.
  • Biji berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan dan alat pemencar tumbuhan. Pemencar biji dapat terjadi dengan bantuan angin, air, kelelawar, dan manusia.
1)    Angin, contoh : kapuk
2)    Air, contoh : kelapa
3)    Kelelawar, contoh : sawo kecik
4)    Manusia contoh : kina dan berbagai jenis tumbuhan yang bernila ekonomi.

Fungsi Buah dan Biji


Biji 

fungsi biji pada tumbuhan yaitu sebagai cadangan makanan, membentuk tumbuhan baru dan berkembang biak.

Buah
 Terdapat 2 fungsi buah pada tanaman, yaitu:
1. Untuk melindungi biji
Dalam hal ini buah berfungsi sebagai penghalang fisik antara biji atau benih dan lingkungan eksternal selama perkembangan benih. Buah yang berkembang dengan baik akan menghasilkan bakal biji yang unggul.
2. Untuk membantu penyebaran/pemencaran biji.
Penyebaran/pemencaran biji terjadi dengan bantuan hewan, angin, aliran air maupun dengan proses pecahnya buah itu sendiri sehingga melontarkan biji-bijinya sampai jauh.
* Penyebaran/pemencaran oleh binatang (zookori)
Penyebaran/pemencaran oleh binatang pada umumnya terjadi pada buah-buah yang memiliki rasa manis. Sebagai contoh adalah seekor tupai yang memakan buah jambu yang sudah matang. Disamping dimakan di tempat, tupai juga membawa makanannya ke sarangnya sebagai makanan anak-anaknya di tempat lain.
* Penyebaran/pemencaran oleh angin (anemokori)
Penyebaran/pemencaran oleh angin merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyebarkan buah maupun biji. Sebagai contoh adalah buah anggrek merupakan buah yang memecah melalui celah-celah untuk melepaskan biji-bijinya yang halus dan mudah diterbangkan angin yang cukup mudah ditemukan di hutan.
* Penyebaran/pemencaran oleh air (hidrokori)
Buah yang tersebar/terpencar melalui air pada umumnya memiliki jaringan yang tak basah oleh air. Sebagai contoh adalah pohon kelapa yang tumbuh di pinggir sungai. Ketika buahnya telah matang, maka buah kelapa tersebut akan jatuh ke sungai dan mengalir mengikuti aliran sungai hingga ke tempat tertentu.
* Penyebaran/pemencaran sendiri
Penyebaran/pemencaran sendiri oleh buah dilakukan dengan meledak dan kemudian melontarkan benih di sekitarnya atau benih tersebut mempunyai pelengkap seperti parasut, sayap dan kait yang membantu dalam penyebaran benih. Sebagai contoh adalah buah jenis polong-polongan yang dapat melontarkan biji hingga beberapa puluh meter jauhnya.

lihat video berikut :



sumber : 
https://nayundasemli.wordpress.com/2013/12/03/struktur-buah-dan-biji/
https://brainly.co.id/tugas/42012
https://brainly.co.id/tugas/469975


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI YANG TERINSPIRASI DARI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN

Modifikasi Batang dan Fungsinya