Kerajinan Clay Tepung

Apa itu Clay

Apa Itu Clay?

Clay itu adalah bahasa inggris yang artinya tanah liat. Di Indonesia kata clay menjadi kata yang populer dan biasanya identik dengan sebuah kerajinan tangan. Dulu orang yang ingin membuat kerajinan tangan dari tanah liat atau lempung harus rela menyatu dengan tanah untuk mendapatkan tanah liat yang berkualitas. Karena untuk mengahasilkan karya yang bagus dan indah tentunya harus memiliki bahan dasar yang berkulitas.
Saat perkembangan zaman semakin maju, kini orang-orang juga berpikir semakin maju. Untuk membuat kerajinan tangan dari clay tidak harus dari tanah liat. Teman-teman bisa membuatnya dari bahan dasar tepung, roti, malam (lilin), bubur kertas, polymer, dan lain-lain. Inilah mungkin yang menyebabkan perluasan makna dari kata clay. Dan saat ini sedang booming kerajinan tangan dari clay yang terbuat dari bahan dasar tepung.

Apa Itu Kerajinan Clay?

Kerajinan Clay adalah suatu karya seni yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar clay. Sebagaimana yang telah disinggung diawal, kerajinan tangan dari clay tidak harus dari bahan dasar tanah liat, kita bisa menggunakan tepung sebagai pengganti dari tanah liat. Oleh karena itu, kerajinan ini mulai merambah keseluruh kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain mudah dipelajari, alat dan bahannya mudah didapat dan aman untuk digunakan. Terutama bagi anak-anak, dapat dijadikan sebagai media untuk mendidik kreatifitas anak.

Cara Membuat Clay dari Tepung Terigu

Inti dari membuat clay adalah bagaimana clay tersebut menjadi kalis atau mudah dibentuk. Tidak terkecuali clay yang menggunakan bahan dasar tepung terigu.
Jadi kamu harus memberikan takaran yang pas sampai adonan menjadi kalis dan mudah untuk dibentuk.

Persiapan dan Bahan

  • 80 gram tepung terigu, merknya boleh apa saja
  • 80 gram tepung tapioka / tepung singkong / tepung kanji
  • 80 gram tepung beras, merknya boleh apa saja
  • 200 gram lem putih / lem kayu, merknya boleh apa saja

Langkah Langkah Membuat Clay Tepung Terigu

  1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan wadah berukuran sedang, kemudian campurkan semua bahan tepung tersebut menjadi satu.
  2. Ayak tepung supaya tekstur adonan lembut dan terhindar dari kotoran. Setelah itu masukkan lem putih ke dalam ayakan tepung tersebut.
  3. Uleni adonan sampai tercampur rata. Jika terlalu lembek tambahkan lagi sedikit tepung. Jika terlalu keras maka tambahkan beberapa sendok lem putih.
  4. Jika sudah kalis maka clay yang kamu buat berhasil. Adonan clay yang sudah jadi bisa dibuat menjadi bentuk sesuai yang kamu inginkan.
  5. Jika ingin ada warnanya, kamu tinggal tuangkan pewarna makanan ke dalam adonan kalis tersebut, lalu uleni kembali sampai warna tercampur rata.
  6. Adonan clay yang tidak digunakan sebaiknya disimpan di wadah tertutup agar tidak mengering dan mengeras.
untuk lebih jelasnya lihat video berikut : 


sumber : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI YANG TERINSPIRASI DARI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN

Modifikasi Batang dan Fungsinya

Hukum Newton 3